Senin, 19 September 2016

Gara-Gara Cuitan Nasi Goreng Singapura, Akun Rio Ferdinand Ramai di Kritik Pengguna Medsos Indonesia

Foto: Cuitan Rio Ferdinand yang membuat heboh (via BBC)
KaliandaNews.com - Gara-gara membuat kicauan nasi goreng, mantan pemain sepak bola Rio Ferdinand tiba-tiba menjadi perbincangan hangat di twitter dan Instagram.

Saat itu Rio Ferdinand membagi cerita perjalanannya ke Singapura di akum medsos miliknya, dan pada Sabtu lalu (17/9) dia mengunggah foto selfie dengan nasi goreng di Twitter dan Instagram, menggunakan tagar Singapura.

"Nasi goreng lunch... Keep it local in #Singapore," begitu kutipan kicauan yang kini di-retweet lebih dari 1.500 kali.
Diberitkan detik.com, pengguna media sosial Indonesia langsung ramai karena mereka merasa itu adalah sebuah kesalahpahaman regional. "Itu sebenarnya makanan Indonesia. Tidak ada 'nasi' dan 'goreng' di Singapura," kata @Agungbusby.

"Nasi goreng makanan orisinil dari Indonesia, bukan dari Singapura," kata yang lain.

Tidak semua orang mengkritik mantan pemain internasional Inggris ini. Seorang pengguna malah menulis, "Orang-orang Indonesia ini suka mengklaim tiap makanan asalnya dari negara mereka."

Sebelum mengkritik ada baiknya netizen Indonesia harus tahu dulu tentang nasi goreng agar tidak keliru bahkan malu di kemudian hari, nasi goreng bukanlah makanan khas satu negara saja, karena di negara lainpun nasi goreng ada, terlebih asal usul nasi goreng pertama kali di perkenalkan oleh bangsa China. Dan hingga saat ini nasi goreng merupakan makanan yang populer di kawasan Asia Tenggara.

Rupanya netizen Indonesia banyak terperangkap dengan kata “ Nasi Goreng” yang seolah-olah di indentik dengan Bahasa Indonesia padahal itu Bahasa Melayu. Kata Nasi Goreng memang dipakai juga di negara-negara berumpun melayu, seperti Singapura, Brunei Darussalam serta Malaysia.

Berikut macam-macam nasi goreng dari berbagai negara:

Nasi goreng pattaya, berasal dari Thailand. Nasi goreng Fukien, berasal dari Fujian. Nasi goreng Yangchow, berasal dari Yangzhou. Negara-negara yang banyak menjajakan nasi goreng selain Indonesia yaitu Malaysia, Singpura, dan ada juga beberapa di Belanda. (**/kld)

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 komentar:

BERITA TERBARU