Jumat, 10 Juni 2016

Jangan khawatir bila Berpuasa tapi tetap menyusui, Ini tipsnya!


Jangan khawatir bila Berpuasa tapi tetap menyusui, Ini tipsnya!
Ilustrasi menyusui | google Image
KaliandaNews.com - Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, dimana kita sebagai Muslim diwajibkan untuk berpuasa satu bulan penuh. pada saat berpuasa kita juga harus mempertimbangkan asupan gizi tubuh kita, agar selalu fit. Namun bagaimana untuk ibu - ibu yang sedang menyusui? 

Untuk ibu yang sedang menyusui harus lebih ekstra memperhatikan asupan gizi dan benar - benar menjaga kondisi tubuh Khususnya saat berpuasa. Ini dikarenakan ia tak hanya mengkonsumsi makanan dan minuman untuk dirinya sendiri, melainkan juga untuk sang bayi.

Berikut Tips agar ibu menyusui dan tetap menjalankan ibadah puasa dilansir dari Vemale.com 
1.   Jangan Melewatkan Sahur
Sahur penting untuk menyuplai nutrisi dan kalori selama sehari penuh. Pastikan jangan makan terlalu banyak dan konsumsi banyak buah-buahan ya, Mom, karena buah akan lebih lama dicerna oleh tubuh.
2.   Makanlah Kurma dan madu
Kurma dapat memberi asupan energi yang baik selama seharian. Saat sahur, jangan lupa untu makan kurma dan 1 sendok makan madu. Dua makanan ini akan memberikan Mom energi dan stok ASI yang cukup selama seharian.
3.   Perbanyak Minum Air Putih
Pastikan minum air putih cukup, khususnya setelah berbuka puasa dan sahur. 4 gelas saat berbuka, 2 gelas sebelum tidur dan 2 - 4 gelas setelah sahur.
4.   Berpikir Positif
Pikiran yang positif akan memberikan semangat yang lebih selama seharian. If you think you can, you can.
5.   Jaga Kondisi Tubuh Agar Tidak Terlalu Lelah
Lakukan pekerjaan rumah yang terbengkalai di malam hari setelah berbuka. Mintalah bantuan asisten rumah tangga atau suami untuk menyelesaikannya. Tubuh yang terlalu capek akan mengurangi produksi ASI.

Yang terpenting adalah dengarkan apa kata tubuhmu dan bayimu. Kesehatan tubuh dan kesehatan bayi Anda adalah yang utama ya, Mom. Jika mulai merasa sakit atau bayi Anda tampak dehidrasi dan kekurangan asupan gizi, jangan memaksakan diri. Menyusui saat berpuasa merupakan pengorbanan besar yang patut diacungi jempol. Semoga Allah memberikan pahala yang melimpah ya, Mom. Tetap semangat dan selamat menjalankan ibadah puasa.
(editor: Kld | Sumber: Vemale.com)



Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 komentar:

BERITA TERBARU