Senin, 06 Juni 2016

Subhannallah, Ternyata Ini Manfaat Makan Kurma saat Berbuka Puasa

Buah Kurma | Foto: Google Image
KaliandaNews.com – Jauh-jauh hari Nabi Muhammad SAW menganjurkan umat muslim untuk berbuka dengan memakan kurma dan segelas air putih. Hal ini sangat beralasan karena kandungan kurma banyak manfaatnya bagi tubuh kita.

Berikut manfaat memakan kurma yang di rangkum dari beberapa sumber:

Membantu fungsi otak saat berbuka
Manfaat ini telah diteliti oleh para ilmuan paman sam (USA), bahwa memakan kurma di saat berbuka dan sahur dapat memelihara fokus saat berpuasa,  selain itu kurma dapat membantu menurutkan kadar hormon kortisol yang berperan dalam menurunkan stres sehingga ketika berpuasa kita dapat fokus dan bertenaga.

Membersihkan Racun
Ketika berpuasa, tubuh kita melakukan proses detoksifikasi atau pembersihan racun di dalam tubuh, dengan memakan kurma maka proses detoksifikasi akan semakin lancar, karena kurma banyak sekali mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin A, C, B komplek, tiamin, riboflavin, niasin, dan asam folat dan diperkaya oleh mineral seperti kalium,  kalsium, zat besi, fosfor, selenium, magnesium, natrium, cobalt serta zink.

Mencegah sembelit
Makan kurma ternyata bisa membantu mencegah sembelit lho. Namun kamu harus merendamnya terlebih dahulu dengan air hangat semalaman. Setelah itu minumlah saat sahur sehingga kamu bisa BAB dengan lancar di pagi hari.

Meningkatkan zat besi
Kurma adalah makanan yang tinggi akan sumber zat besi. Nutrisi ini penting bagi produksi sel darah merah sehingga bisa mencegahmu dari rasa lemas saat puasa.

Menurunkan kolesterol
Kamu ingin menurunkan kolesterol dengan cara yang menyenangkan? Konsumsilah kurma. Sebab kurma dapat mengikis kolesterol jahat dan menjaga arteri tubuhmu tetap sehat.

Meningkatkan energi
Mencampur kurma, susu, dan madu ternyata bermanfaat untuk meningkatkan energi tubuh, lho. Terutama bagi kamu yang sudah seharian berpuasa.

Mengurangi tekanan darah
Selain baik untuk menurunkan kolesterol, makan kurma juga mampu menjaga agar tekanan darahmu tetap terkontrol. Konsumsi 3-4 kurma saat berbuka untuk mendapatkan manfaat sehat tersebut.

Mencegah diare
Kurma mengandung kalium di dalamnya yang bermanfaat untuk mencegah diare serta menguntungkan bagi kesehatan usus.

Menjaga berat badan
Saat makan kurma, tak jarang kamu pun merasa cepat kenyang. Sehingga kamu mengonsumsi makanan berbuka dengan porsi yang wajar. Hasilnya, berat badanmu pun akan terkontrol dengan baik.

Menguatkan jantung
Makan kurma bermanfaat untuk melindungi kesehatan jantung. Selain dikonsumsi secara langsung, kamu juga bisa minum air rebusan kurma secara rutin untuk menghindarkan jantungmu dari beragam penyakit berbahaya.

Jadi jangan ketinggalan untuk menjadikan kurma menu berbuka untuk mendapatkan banyak manfaat, sudah sunnah bermanfaat juga bagi tubuh. (kld)

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 komentar:

BERITA TERBARU