Rabu, 15 Juni 2016

Tito Karnavian di ajukan jadi calon tunggal Kapolri oleh Presiden


Komjen Tito Karnavian calon kapolri
Komjen Tito Karnavian | Foto: porosjakarta
KaliandaNews.com – Kepala BNPT Komjen Tito Karnavian diajukan menjadi calon tunggal Kaplri oleh presiden Jokowi untuk diuji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR.

Ketua DPR Ade Komarudin mengatakan pihaknya telah menerima calon nama Kapolri pengganti Jenderal Badrodin Haiti. Akom mengatakan, Kepala BNPT Komjen Tito Karnavian akan menggantikan Badrodin Haiti.

"Jadi tadi saya sebelum kemari, beliau (Menteri Sekretaris Negara) menyampaikan surat kepada dewan, surat tersebut berisi keputusan Presiden meminta Komjen Tito Karnavian menjadi satu-satunya calon Kapolri menggantikan Jenderal Badrodin Haiti," ujarnya saat kunjungan kerja di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (15/6).

Menurutnya, nantinya proses penggantian ini akan dilakukan besok hari melalui rapat pimpinan. "Pimpinan, Bamus, disampaikan ke paripurna, pencalonan kapolri sudah ada. Setelah itu diproses di komisi 3 untuk fit and proper tes," ungkapnya.

 "Saya sudah komunikasi dengan ketua Komisi III, akan diputuskan di Bamus, atau rapat fraksi. Mungkin bisa dilakukan pada 22 Juni (fit and proper tes)," jelas Akom.

Sementara itu Wakil Ketua DPR Mulfachri Harahap mengaku terkejut dengar nama Tito Karnavian yang diajukan Jokowi kepada DPR untuk menjadi Kapolri. Sebab menurut dia, banyak nama yang lebih senior ketimbang Polri di perwira tinggi kepolisian juga layak jadi Kapolri.

 "Tapi lagi-lagi itu sepenuhnya menjadi kewenangan presiden, tentu presiden memiliki pertimbangan sendiri. Jadi saya kira sekalipun mengejutkan, kita lihat saja nanti," kata Mulfachri. (kld | merdeka)

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 komentar:

BERITA TERBARU