Selasa, 30 Agustus 2016

Besok, Gerhana Matahari Cincin Bisa Dilihat di Lampung


Foto : BMKG

Kaliandanews.com – Besok tepatnya Kamis (01/09), sebagian wilayah di Indonesia termasuk Lampung akan muncul Gerhana Matahari Cincin (GMC).

Gerhana matahari itu adalah peristiwa terhalangnya cahaya matahari ke Bumi oleh Bulan. Gerhana ini biasanya terjadi pada fase bulan baru dan dapat diprediksi sebelumnya.

Nah, menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), jalur cincin gerhana ini bisa diamati di Samudera Atlantik, Afrika bagian tengah, Madagaskar, dan Samudera Hindia. Sedangkan di luar cincin bisa diamati di sebagian kecil Amerika Selatan, Samudera Atlantik, Afrika kecuali sedikit Afrika bagian Utara, Semenanjung Arabia bagian Barat Daya, Samudera Hindia, dan Indonesia serta Australia.

Di Indonesia sendiri, gerhana matahari sebagian ini bisa diamati di 124 kota dan kabupaten di 10 provinsi, yaitu yang ada di wilayah Sumatera Barat bagian Selatan, Bengkulu, Sumatera Selatan bagian Tenggara, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur bagian Barat. (Kld/CNN)


Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 komentar:

BERITA TERBARU