Sabtu, 20 Agustus 2016

Profesor asal Australia meneliti seni budaya Tupping di Desa Kuripan Penengahan Lamsel

Kunjungan Prof Margareth ke Keratuan Darah Putih Desa Kuripan Kec. Penengahan Kab. Lampung Selatan.

KaliandaNews.com, Kuripan - Peneliti asal Monash University, Australia Prof. Margareth J Kartomi beserta putrinya nya DR. Karen, mengunjungi Desa Kuripan Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan, Sabtu ( 20/8).

Kedatangan mereka di sambut hangat oleh masyarakat Desa Kuripan. Adapun tujuan mereka dalam rangka penelitian terkait budaya, tarian, musik, dan drama di daerah itu. saat ini mereka bertujuan untuk melakukan penelitian mengenai tupping Lampung, yakni seni tupping di Desa kuripan ( keratuan Darah putih ). Peneliti asal Australia ini lanjutnya, akan mendokumentasikan hasil penelitiannya dalam sebuah buku, yang merupakan kontribusi besar dalam upaya menginventarisasi dan melestarikan budaya Lampung agar terus terjaga keberadaannya.

 "Penelitian ini bermaksud untuk membuat sebuah buku yang berisikan tentang Adat dan Budaya Lampung, yang saat ini saya akan melakukan penelitian mengenai seni budaya Tupping yang ada di Desa kuripan (Keratuan Darah Putih), dan Kami akan tinggal di Desa Kuripan ini selama empat hari untuk melakukan penelitian" ucap Margareth kepada KaliandaNews .

Prof. Margareth di Kediaman Bapak Budiman Yakub.
Sebelumnya mereka datang ke Desa kuripan (Keratuan Darah Putih ) didampingi Kepala Dinas Pariwisata Seni dan Kebudayaan Lampung Selatan, Fauziah Arif ,SH yang langsung menuju kediaman bapak Budiman yakub salah satu budayawan Lampung untuk meminta penjelasan tentang adat dan seni budaya keratuan darah putih sebelum melakukan Penelitian.

Prof. Margareth, Fauziah Arief, SH Kadis Pariwisata (tengah) dan DR.Karen di Lamban Balak Keratuan Darah Putih.
Fauziah Arief, SH selaku Kepala Dinas Pariwisata Seni dan Kebudayaan Lampung Selatan Menjelaskan bahwa kedatangan Prof.Margareth ini bertujuan untuk meneliti seni dan budaya Lampung, yang saat ini ke Desa Kuripan (Keratuan Darah Putih) untuk melakukan penelitian tentang Tupping Lampung.
Prof. Margareth di damping Fauziah Arief, SH sedang melihat sesi Latihan seni musik Keratuan Darah Putih
"Saya sangat bangga dan mengapresiasi kunjungan Prof. Margareth Kartomi ini untuk melakukan penelitian mengenai tupping di Keratuan Darah Putih sebagai bentuk kepeduliannya dengan seni budaya kita" kata Fauziah.

Fauziah juga berpesan agar kedatangan mereka ini harus menggugah hati kita untuk lebih mencintai dan melestarikan seni budaya kita.

"Bangsa lain saja peduli dengan seni budaya kita,seharusnya kita juga lebih mencintai Kesenian dan kebudayaan kita sendiri" Pungkas Fauziah. (Ryd)

Author:

Etiam at libero iaculis, mollis justo non, blandit augue. Vestibulum sit amet sodales est, a lacinia ex. Suspendisse vel enim sagittis, volutpat sem eget, condimentum sem.

0 komentar:

BERITA TERBARU